Pengumuman:
Jam Kerja PUSKOPCUINA Senin s.d. Jumat pukul 07.30 s.d. 15.30 WIB, Efektif Per 4 Maret 2024

BERITA

RAT CU Angudi Laras TB.2023:                                                                                      “Bersama Membangun Hidup Berkualitas”

RAT CU Angudi Laras TB.2023: “Bersama Membangun Hidup Berkualitas”

RAT – Rapat Anggota Tahunan Koperasi CUAL berlangsung lancar dan sukses di Aula Satria Bogowonto Purworejo (28 Jan.2024) yang dihadiri 98% dari target Undangan.  RAT Th buku 2023 inimengangkat tema  “Bersama Membangun Hidup Berkualitas”, dipimpin oleh Ibu Hesti Respatiningsih dan Bp. Supardiyono; dihadiri oleh Segenap Pengurus, Pengawas, Komite, segenap BalaCUAL , manajeman dan anggota dari masing masing Teritori /wilayah pelayanan CUAL.. Hadir dalam RAT kali ini : Pengurus PuskopCUina, Dekopinda Kab Purworejo serta Dinas Koperasi-UKMP Kabupaten Purworejo dengan menegaskan bahwa dari 187an Koperasi di Purworejo, CUAL termasuk Koperasi yang sehat.  

Ketua Pengurus CUAL , Pdt. Lukas E. Sukoco, M.Th. mengungkapkan bahwa ibarat Remaja, Koperasi CUAL (Credit Union Angudi Laras) yang kini berusia  13 tahun; memang sedang mengalami banyak pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan merupakan proses perubahan fisik yang terlihat, sedangkan perkembangan merupakan proses pengembangan karakter dan kemampuan. CUAL berdiri sejak 3 Januari 2011 , terus  berproses berkarya untuk menjadi sarana PEJM (Pemberdayaan Ekonomi Jemaat dan masyarakat sekitar) berbasis komunitas. 

Sekedar Contoh.  Pertumbuhan Anggota CUAL dari 350 org (2011) kini menjadi 1.381 (Des.2023); itupun sudah dikurangi dengan data anggota yang meninggal dunia, yang ke luar serta dikeluarkan, yang jumlahnya lebih dari 100an orang. Pertumbuhan Asset CUAL dari hanya sebesar Rp. 895.552.518; (2011) – kini telah menjadi Rp. 11.347.634.600;  (Des. 2023). Dari tidak punya Kantor, sekasrang memiliki Kantor lengkap dengan aula OJK dan quest house-nya, yang didukung dengan Tata Kelola, SDM, dan Sarana prasarana yang memadai. Yang lebih membanggakan, menurut Dinas KUMKMP Kabupaten Purworeji; dari 183 koperasi yang ada di kabupaten Purworejo, CU Angudi Laras kini mendapat penilaian kesehatan dengan score 84, (SEHAT), masuk peringkat terbaik ke-7 se-Kab. Purworejo. 

-

4 Kegiatan Strategis

Salah satu ciri Koperasi yang sehat, adalah senantiasa melakukan 4 kegiatan strategis setiap tahunnya; selama th 2023 CUAL telah melakukan: (1). Organizational Development (2). RAT TB 2022 (3). Monitoring dan Evaluasi (MONEV) dan  (4). Bisnis Plan.   

Kegiatan kegiatan tsb telah dilakukan CUAL, dihadiri Pengurus, Pengawas, Managemen, Komite Pendidikan & Pemberdayaan, Komite Kredit dan Komite Youth yang baru pertama kali ini dimiliki CU Angudi Laras, sertas Bala CUAL. Fokus utama di Organizational Development (6-7 Januari 2023) adalah Penilaian Kinerja Aktivis dilanjutkan dengan review terhadap tools Peniliaian Kinerja. Review kebijakan yang disesuaikan dengan target yang harus dicapai di tahun 2023. RAT TB 2022 diselenggarakan di 18 Februari 2023  dihadiri juga beberapa undangan dari Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kab. Purworejo, Dekopinda, Perwakilan PUSKOPCUINA, dan beberapa Lurah dari Wilayah Pengembangan Prioritas  (Kelurahan Purworejo, Pangen Jurtu Tengah, Doplang dan Sindurjan). Sedangkan Penyelenggaraan Monitoring dan Evaluasi (28-29 Juli 2023)  serta Bisnis Plan   (6-7 Desember dan 13 Desember 2023) di Gedung OJK (Omah Jo Kmenthus) CU Angudi Laras Purworejo.

-

Program CUAL 2024

Dalam RAT TB 2023, selain diterimanya LPJ Pengurus  dan LHP Pengawas 2023, juga ditetapkan Program Kerja CUAL 2024 . Meliput: (a).Perspektif Keuangan: 1. Promosi Pinjaman Sepeda Motor dan Handphone 2. Perubahan Kebijakan Suku Bunga Simpanan & Pinjaman 3. Melakukan Pengendalian Pembelian Aset   (b). Perspektif Kepuasan Anggota 1. Pemberian Fee Member Get Member 2. Mengadakan Undian transaksi Escete 3. Pemberian Sponsorship Kegiatan HUT RI / Koperasi 4. Pemberian Souvenir untuk Anggota yg Lunas SW 2024 5. Pemberian Souvenir untuk PMS Lumbung 6. Mengadakan kegiatan Temu Anggota & HUTke-13 CUAL 7. Pembagian Kalender CUAL 8. Pembuatan Studio Mini untuk pembuatan konten 9. Membuat 10 konten per bulan (TikTok, YouTube) 10. Youth Gathering.  (c). Perspektif Bisnis Internal 1. Survei Kepuasan Anggota 2. Mengadakan 3 kegiatan Bakti Masyarakat 3. Kerjasama dengan STIE Rajawali, Radio Mitra, Forum UMKM.  (d). Perspektif Pertumbuhan & Pengembangan 1. Sharing knowledge pengurus pengawas. 2. Peningkatan kapasitas melalui berbagai diklat dan webinar. 3. Aktivis Gathering. 4. Pembekalan Bala CUAL.  (e). Perspektif Pemberdayaan 1. Financial Literacy Onsite, Online 2. Pembekalan Anggota (Diksar) 10 kali 3. Pelatihan Ketrampilan Teknis 4. Temu Anggota (Pendidikan Penyegaran) 5. ToT Fasilitator Pembekalan Anggota 6. Kunjungan Anggota 7. Expo 8. Sosialisasi User sMartCU 9. Inkubator Bisnis untuk UMKM

-

“Bersama Membangun Hidup Berkualitas”  

Tema “Bersama Membangun Hidup Berkualitas” ditetapkan sebagai Tagline CUAL. Menurut kamus Cambridge, tagline adalah sebuah slogan yang digunakan untuk pemasaran dan promosi. Namun, tagline dan slogan mempunyai perbedaan.  Tagline diperuntukkan  sebagai cara untuk melakukan branding atau meningkatkan brand awareness. Sementara itu, slogan digunakan untuk penjualan produk.  Jadi,  tagline adalah sebuah kalimat singkat  yang bertujuan untuk branding sebuah bisnis yang dapat memengaruhi citra sebuah  merek.  Slogan CUAL adalah  TUWUH (bertumbuh), NGREMBAKA (berkembang) serta  MUNPANGATI (bermanfaat).   Sementara Tagline CUAL adalah Bersama Membangun Hidup Berkualitas. “Bersama Membangun” memiliki makna kebersamaan dan sinergisitas  yang tinggi yang berbasis pada komunitas untuk melakukan hal hal yang lebih baik dalam kehidupan manusia. (people centered development).  Sedangkan “Hidup Berkualitas” -  hidup yang bermakna, berdaya guna lahir batin; baik secara pribadi, keluarga maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Hidup berkualitas dirindukan oleh semua orang dan perlu usaha serius untuk mewujudkannya.   Jadi Tagline CUAL adalah “Bersama Membangun Hidup Berkualitas” berarti CUAL mengajak anggotanya untuk menjadi manusia yang bermakna – berdaya guna secara lahir batin;  baik secara pribadi, keluarga maupun dalam kehidupan bermasyarakat dengan cara hidup bersinergi dalam komunitas yang saling memberdayakan.     DIRGAHAYU ke 13  CUAL : 3 Jan. 2011  sd.  3 Jan. 2024  (LES). 

Share this Post:
Ditulis oleh Lukas Eko Sukoco
Ketua Pengurus CU Angudi Laras

Artikel Terkait: